tips Sehat : Cara Sehat Memasak Mie Instant

Cara Sehat Memasak Mie Instant

Mie instan memang selalu menjadi favorit di bagi siapa saja. Pria, wanita, bayi, anak-anak, remaja, orang dewasa semuanya bilang “enak” untuk mie instant. Apalagi anak kost, mie instant adalah pilihan makanan yang tepat sebagai pengganti nasi. Selain cara menyajikannya mudah alias instant harganya nya pun pas di kantong. Rasanya juga cukup enak dan sangat mudah diterima oleh lidah. Saya sendiri lebih suka mie instant dibandingkan dengan makanan cepat saji lainnya semisal bubur, sereal, atau roti tawar isi.
Namun kita perlu waspada, dibalik kelezatan mie instant, juga memberikan efek samping yang tidak bagus ke dalam tubuh kita. Waw! Agak seram nih, bukannya saya mau menakut-nakuti, namun memang perlu kita waspadai dan siasati. Apa saja bahayanya ?

Mie yang kita konsumsi ternyata mengandung lilin. Lilin-lilin ini berfungsi sebagai zat anti rekat pada mie, sehingga jika mie direbus, mie tidak akan tercampur / melebur. Lilin-lilin ini tentu saja bermasalah jika mengendap di dalam tubuh kita. Tubuh kita memerlukan waktu setidaknya 3 hari untuk membersihkan lilin-lilin yang tertelan masuk ke dalam tubuh. Maka, hindari makan mie instant setiap hari. Kasih jarak lah, paling tidak 3 hari sekali.
Lalu, bumbu yang digunakan dalam mie instant tentu mengandung MSG (Mono Sodium Glutamate) yang memberikan rasa lezat dan memantapkan rasa rempah-rempah bumbu, namun MSG dapat memberikan efek samping buruk seperti kanker, penurunan fungsi otak, sindrom restoran cina, dan lain-lainnya. Bubuk MSG yang melezatkan jika dipanaskan akan berubah menjadi zat karsinogenik (pemicu kanker) yang berbahaya.
Bagaimana kawan, sudah dapat membayangkan bagaimana efek samping buruk yang akan kita terima jika terlalu sering makan mie instant? Lalu bagaimana tips aman mengkonsumsinya? Berikut ini ada beberapa tips aman mengkonsumsi mie instant:
1. Hindari makan mie instant rutin setiap hari. Sebanyak-banyaknya adalah 3 hari sekali.
2. Perhatikan cara memasaknya seperti berikut:
– Rebus air (±500ml) hingga mendidih.
– Masukkan sayuran atau makanan tambahan lainnya ke dalam air yang sudah mendidih, sampai matang.
– Setelah sayuran matang, angkat dan taruh sayuran beserta kuah ke dalam mangkok. Sisakan kuah dalam panci untuk merebus mie.
– Rebus mie sampai matang. Angkat, tiriskan. Campurkan mie ke dalam mangkuk kuah.
– Masukkan bumbu. Mie siap untuk disantap
Air yang digunakan untuk merebus mie, jangan digunakan untuk kuah. Karena di air rebusan itu banyak terkandung lilin-lilin yang rontok selama perebusan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s